Granada Land Waterpark

Logo kavling wisata Granada Land

Mau Tahu Apa Saja Keuntungan Investasi Properti? Ini Dia Daftarnya!

Salah satu jenis investasi yang banyak diminati oleh masyarakat adalah investasi properti. Keuntungan investasi properti yang menggiurkan, membuat banyak masyarakat tertarik untuk berinvestasi di bidang yang satu ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut adalah cara investasi properti yang menguntungkan!

Apa Itu Investasi Properti?

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang dilakukan dengan cara membeli, memiliki, mengelola, menyewa, atau bahkan menjual properti untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian lain dari investasi properti, yaitu kegiatan jual beli properti yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang disebut juga dengan Return of Investment atau ROI. ROI bisa Anda dapatkan melalui kegiatan penjualan kembali atau hasil penyewaan dari suatu properti.

Baca Juga: Punya Rencana Beli Properti? Kenali Dulu Perbedaan HGB dan SHM!

Keuntungan Investasi Properti

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi dalam bidang properti, berikut adalah beberapa keuntungan investasi properti yang bisa Anda dapatkan: 

1. Harga Properti Terus Naik 

Salah satu kelebihan dari suatu produk properti adalah harganya yang terus naik. Properti merupakan salah satu aset yang memiliki nilai tetap atau stabil. Hal ini terjadi karena kebutuhan masyarakat terhadap tempat tinggal atau bangunan yang terus mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang properti, maka harga aset properti Anda akan selalu mengalami kenaikan setiap waktunya. 

2. Pilihan Investasi Jangka Panjang 

Nilai properti yang stabil dan cenderung naik, membuat banyak orang menggunakan properti sebagai salah satu aset investasi jangka panjang. Karena investasi properti menguntungkan, potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan di tahun-tahun selanjutnya juga akan semakin besar.

3. Terlihat Bentuk Fisiknya

Menurut Rate City, investasi properti menjadi salah satu produk investasi yang terpercaya, karena terlihat bentuk fisiknya. Tidak seperti beberapa bentuk investasi yang lain, seperti crypto, NFT, maupun saham, banyak orang lebih tertarik untuk melakukan investasi properti, karena bentuknya yang nyata.

Beberapa bentuk properti yang bisa Anda jadikan sebagai aset investasi, yaitu rumah, gedung, tanah, apartemen, ruko, dan bangunan-bangunan lainnya.

4. Pemilik Memiliki Kontrol Penuh

Keuntungan investasi properti lainnya, yaitu Anda sebagai pemilik properti bisa memiliki kontrol sepenuhnya. Anda bisa mengatur investasi Anda secara langsung, seperti menjualnya, menyewakannya, atau bahkan membeli properti yang baru. 

5. Bisa Disewakan

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan tambahan dari investasi properti yang Anda lakukan, Anda bisa menyewakan properti yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda memiliki apartemen yang tidak Anda gunakan, Anda bisa menyewakannya dengan sistem capitalization rate

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan keuntungan dari harga sewa sebesar 7% hingga 10% setiap bulannya.

Cara Investasi Properti yang Menguntungkan

Jika Anda sudah memutuskan untuk mulai berinvestasi di bidang properti, berikut adalah beberapa tips cara investasi properti yang menguntungkan:

1. Riset Harga Pasar

Membeli properti tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus melakukan riset harga properti di pasar, sebelum memutuskan untuk membeli suatu properti. 

Tujuannya yaitu untuk membandingkan harga properti yang satu dengan harga properti lainnya di kawasan tersebut. Selain itu, tujuan lain dari riset harga pasar, yaitu sebagai proyeksi nilai keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi tersebut

2. Pilih Pengembang yang Terpercaya

Cara investasi properti yang menguntungkan selanjutnya, yaitu pilih developer atau pengembang yang terpercaya. Hal ini merupakan langkah antisipasi, mengingat penipuan berkedok investasi properti masih sering terjadi. Jika Anda tidak berhati-hati dalam memilih pengembang, maka Anda akan mengalami kerugian. 

Untuk memilih pengembang yang terpercaya, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu. Cari tahu bagaimana riwayat broker properti tersebut, apakah termasuk kredibel atau tidak. Selain itu, cek juga legalitasnya, agar transaksi properti yang Anda lakukan terjamin keamanannya.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi yang tepat juga akan menentukan nilai keuntungan investasi properti Anda di masa depan. Pilihlah lokasi yang strategis dan memiliki prospek bagus kedepannya. Sebagai contoh, properti yang ada di pusat kota serta dekat dengan fasilitas publik, memiliki prospek yang lebih bagus, daripada properti yang ada di pinggiran.

4. Cek Fasilitas Sekitar Properti

Pertimbangkan juga fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar lokasi properti tersebut. Pastikan jika terdapat berbagai fasilitas publik, seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, perkantoran, SPBU, dan lain sebagainya di sekitar properti tersebut.

Hal ini karena properti yang dekat dengan fasilitas publik akan lebih diminati, sehingga nilai kenaikannya akan jauh lebih besar. Jika Anda memiliki investasi berupa lahan kosong, Anda juga tidak perlu khawatir. Anda bisa menyewakannya sebagai lahan parkir untuk mendapatkan keuntungan lainnya.

5. Siapkan Modal

Modal atau dana untuk mulai berinvestasi properti tidaklah sedikit. Anda harus menyiapkan modal yang besar, jika ingin mulai berinvestasi di bidang properti. Tidak hanya itu, Anda juga harus menyiapkan dana untuk pengeluaran tidak terduga lainnya, seperti dana perbaikan, perawatan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Peraturan FLPP Terbaru: Panduan Lengkap Mengajukan KPR Bersubsidi

Bentuk Investasi Properti Menguntungkan

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di bidang properti, berikut adalah beberapa bentuk investasi properti yang dapat menghasilkan keuntungan, yang bisa Anda lakukan:

1. Sewa Properti

Salah satu bentuk investasi properti menguntungkan yang bisa Anda lakukan adalah sewa properti. Bisnis sewa properti merupakan salah satu investasi properti yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan pasif secara rutin.

Jika Anda memiliki properti yang tidak terpakai, seperti apartemen atau rumah yang tidak ditinggali, Anda bisa menyewakannya kepada orang lain. Untuk memulai bisnis sewa properti ini, Anda bisa memasang iklan di berbagai platform, seperti website, Google Ads, media sosial, banner, poster, atau iklan lainnya.

2. Flip Properti

Flip properti merupakan bisnis properti yang dilakukan dengan cara merenovasi sebuah properti, kemudian menjualnya kembali dalam waktu singkat. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan selisih harga yang besar. 

Bentuk investasi properti ini memang tidak terlalu populer. Namun, jika Anda bisa melihat peluang dari bisnis flip ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Anda bisa memulainya dengan mengambil Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Setelah Anda mendapatkan pinjaman, Anda bisa mencari properti di pasaran yang dijual dengan harga murah. 

Selanjutnya, siapkan modal untuk merenovasi properti tersebut. Setelah proses renovasi selesai, Anda bisa menjual kembali properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi.

3. Investasi Lahan Properti Menguntungkan

Bentuk investasi properti lainnya yang cocok untuk pemula, yaitu investasi sewa lahan. Selain bisnis properti berupa bangunan, Anda juga bisa memulai bisnis properti berupa lahan kosong atau tanah.

Jika Anda memiliki lahan kavling yang cukup luas, maka Anda bisa mencoba bisnis investasi yang satu ini. Bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis properti yang menjanjikan, mengingat saat ini banyak orang yang sedang mencari persewaan lahan kosong untuk dijadikan lokasi usaha.

Sudah Tahu Apa Saja Keuntungan Investasi Properti?

Itulah beberapa ulasan tentang benefit investasi properti dan bagaimana cara investasi properti yang menguntungkan. Namun, sebelum memulai investasi di bidang properti, pastikan jika Anda sudah mencermati semua dokumen dan aspek legalitas lainnya. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mulai investasi di bidang properti?

2 komentar untuk “Mau Tahu Apa Saja Keuntungan Investasi Properti? Ini Dia Daftarnya!”

  1. Pingback: Dasar Investasi Properti: Panduan Untuk Pemula 2023

  2. Pingback: Mengenal Apa Itu Primary Market dan Secondary Market 2023

Komentar ditutup.

Scroll to Top